Hari Kesehatan Jiwa Sedunia : Tempat Kerja Bahagia, Pekerja Sehat Jiwa

Jakarta, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia jatuh setiap tanggal 10 Oktober. Tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengusung tema pentingnya kesehatan jiwa para pekerja di tempat kerja.

Dalam situs resminya, WHO menyebut orang dewasa menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Tempat kerja yang sehat, baik secara fisik maupun jiwa, sangat berpengaruh terhadap kesehatan jiwa para pekerjanya.

Hal senada dikatakan oleh Direktur Pencegahan & Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa & Napza, Kementerian Kesehatan RI, Dr dr Fidiansjah, SpKJ, MPH. Tempat kerja yang nyaman akan membuat pekerjanya sehat jiwa, yang berujung pada meningkatnya produktivitas.

“Pekerja sehat adalah modal keluarga bahagia. Pribadi yang sehat terbina dari jiwa yang sehat. Karena itu penting bagi pekerja untuk tetap sehat agar keluarga bahagia,” tutur dr Fidi, dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu.

Sebaliknya, tempat kerja yang tidak nyaman akan membuat kesehatan jiwa pekerjanya terganggu. dr Eka Viora, SpKJ, Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PP-PDSKJI), mengatakan bahwa kesehatan jiwa pekerja yang terganggu merugikan kedua belah pihak, baik pekerjanya sendiri maupun perusahaan.

WHO mengestimasikan dampak kerugian kumulatif global terhadap masalah kesehatan jiwa pekerja mencapai USD16,3 triliun. Di sisi lain, biaya yang diperlukan untuk menangani masalah kesehatan jiwa juga tidak sedikit, antara USD2,5 triliun dan diproyeksi terus bertambah menjadi USD6 triliun pada 2030.

“Kalau pekerja jiwanya sakit, keluhannya akan ke fisik, sehingga berobat terus, produktivitas menurun. Ini juga kan akan merugikan kantor dan perusahaan tempat bekerja,” ujar dr Eka.

Karena itu pada momen Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ini, detikHealth akan membahas seputar pentingnya kesehatan jiwa di tempat kerja. Mulai dari bagaimana caranya mengelola stres, mengubah tempat kerja menjadi lebih nyaman, hingga apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah kesehatan jiwa memburuk.

source : https://health.detik.com/read/2017/10/09/072209/3675683/763/tempat-kerja-bahagia-pekerja-sehat-jiwa

Reply