BAPELKES SEMARANG ADAKAN PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN IV TH 2018

Pada tanggal 31 Juli 2018 telah diadakan Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan IV di Bapelkes Semarang. Acara Pembukaan bertempat di Auditorium Bapelkes Semarang di Kantor 2, Jalan Raya Salaman No. 48 Magelang. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, dr. Ahmad Subagjo Tancarino, MARS didampingi Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM. Pembukaan pelatihan ini dihadiri Kapten Daeng Sibeta mewakili Komandan Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro di Magelang, Kasubbag Pengangkatan PNS Biro Kepegawaian Kemenkes, para mentor peserta pelatihan, pejabat struktural dan staf Puslat, serta pejabat struktural dan widyaiswara Bapelkes Semarang.

Waktu pelaksanaan Latsar CPNS Gol. III Angkatan dimulai tanggal 30 Juli hingga 15 Desember 2018. Sebanyak 32 orang peserta pelatihan berasal dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, RS Ortopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta, RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, RSJ Prof. Dr. Seorojo Magelang, RSUP dr. Kariadi Semarang, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSUP Sanglah Denpasar dan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jabatan peserta pelatihan meliputi dosen, dokter, perawat, radiologi, apoteker dan fisioterapis.

Kompetensi yang dibangun dalam Latsar CPNS Golongan III adalah kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional, yang diindikasikan dengan kemampuan: (1) Menunjukkan sikap perilaku bela negara; (2) Mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; (3) Mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI; dan (4) Menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugas. Sedangkan materi diklat yang diberikan mengacu pada Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor : 25 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III. (ar/rh)

Reply