KAJIBANG BAPELKES SEMARANG MENGADAKAN SOSIALISASI SIBULAT DAN IDENTIFIKASI PENGEMBANGAN PEGAWAI UNTUK UPT KEMENKES DI JAWA TENGAH

Seksi Pengkajian dan Pengembangan Bapelkes Semarang mengadakan acara Sosialisasi Aplikasi SIBULAT dan Identifikasi Pengembangan Pegawai pada Selasa (26/6). Acara ini dilaksanakan di Kelas Jatayu Kantor Semarang, Jalan Pahlawan No 1 Semarang. Sebanyak 45 orang peserta yang terdiri dari pegawai dan pejabat struktural Bapelkes Semarang, serta UPT Kementerian Kesehatan di Jawa Tengah mengikuti acara tersebut. UPT Kemenkes yang hadir antara lain perwakilan dari Balitbangkes Magelang, Balitbangkes Banjarnegara, BPVRP, BPTOOT, BBKPM Surakarta, LPFK Surakarta, KKP Cilacap, KKP Semarang, Poltekkes Semarang dan Poltekkes Surakarta.

Aplikasi SIBULAT merupakan kependekan dari Sistem Informasi Kebutuhan Pelatihan. Tujuan diselenggarakan acara ini yaitu : 1) Mensosialisasikan desain TNA Bapelkes Semarang tahun 2018, 2) Mensosialisasikan SIBULAT, aplikasi pemetaan kompetensi ASN kemenkes, sebagai bentuk dukungan program Puslat.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM memberikan sambutan dan membuka acara. Dalam sambutannya, kepala menyampaikan bahwa Diklat yang bermutu, seharusnya melalui proses analisis kebutuhan diklat. Untuk dapat mengukur gap kompetensi dalam analisis kebutuhan pelatihan, perlu ditetapkan terlebih dahulu jenis-jenis kompetensi. Penetapan kompetensi secara tepat akan sangat mempengaruhi kualitas hasil analisis. Aplikasi SIBULAT dikembangkan Puslat untuk menjawab kebutuhan tersebut.

drg. Shally Barina, MKM menjadi narasumber dalam acara ini. Kasubbag Administrasi Biro Kepegawaian Kemenkes ini mengisi materi Identifikasi Pengembangan Kompetisi Pegawai, khususnya untuk Jabatan Pelaksana di Kemenkes RI. (ar/rh)

Reply