KEPALA BADAN PPSDM BERI MOTIVASI KE PESERTA PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS INDIVIDU DAN PEGAWAI BAPELKES SEMARANG

Semarang- Kepala Badan PPSDM Kementerian Kesehatan RI melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor 1 Bapelkes Semarang pada Jumat, 25 Januari 2019. drg. Usman Sumantri, M.Sc didampingi oleh Direktur Poltekkes Semarang, Marsum, BE,S.Pd.,MHP dan Direktur Poltekkes Surabaya drg. Bambang Hadi Sugito, M.Kes. Kunjungan kerja diterima oleh Kepala dan pejabat stuktural Bapelkes Semarang, pegawai Bapelkes Semarang dan peserta Pelatihan Penugasan Khusus Individu angkatan 1 dan 2 (Nusantara Sehat).

Dalam kunjungannya kali ini, Kepala Badan PPSDM memberikan motivasi kepada peserta Nusantara Sehat Individu dan pegawai Bapelkes Semarang. Nusantara Sehat sangat dibutuhkan dikarenakan tidak semua Puskesmas memiliki tenaga medis yang memadai. “Alhamdulillah variasi peserta Pelatihan Penugasan Khusus Individu cukup baik, untuk memenuhi kebutuhan Puskesmas yang belum ada. Saya ingin ke depan, proses rekruitmen dipermudah. Evaluasi di PPSDM, 100% Nusantara sehat Team Based kembali dalam kondisi baik, peminatan untuk kembali lagi 87% untuk Nusantara Sehat Individu. Evaluasi dari kegiatan Nusantara Sehat antara lain: (1) Meningkatkan akreditasi Puskesmas, (2) Para Bupati dan Walikota memberi respon positif terhadap Nusantara Sehat, (3) Kajian Litbang menyebutkan, bahwa Puskesmas yang terdapat petugas Nusantara sehat, lebih baik pelayanannya, “jelas Kepala Badan PPSDM.

Kepala Badan PPSDMK berharap kedepan peserta Nusantara Sehat pasca penugasannya dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

“Saya berharap kepada Menpan, agar memberi prioritas yang lebih untuk mantan petugas Nusantara Sehat. Sekaligus saya berharap agar peserta saling menghargai profesi lain sebagai partner dan bekerja secara profesional. Peserta Penugasan Khusus Individu, tidak berarti bekerja secara perorangan tetapi terintegrasi dengan sumber daya yang ada di Puskesmas penempatan.”

Terakhir, Kepala Badan berharap agar peserta Pelatihan Tugsus menjadi teladan, dapat bekerja tim, interaktif dan merubah budaya kerja di Puskesmas penempatan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolik buku kerja kepada pejabat struktural, perwakilan widyaiswara dan staf Bapelkes Semarang. Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan Pencanangan gerakan Kantor Berhias di Bapelkes Semarang oleh Kepala Badan PPSDM. Acara ditutup dengan foto bersama  dan ramah tamah. (ar)

Reply