Pembukaan Latsar Gol III Bapelkes Semarang

Sebanyak 30 orang peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Golongan III mengikuti Pembukaan Latsar Gol III Angkatan I bertempat di Auditorium Bapelkes Semarang Kantor 2 di Salaman, pada hari Selasa (10/4). Pelatihan ini telah dibuka oleh Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, dr. Ahmad Subagjo Tancarino, MARS didampingi Kepala Bapelkes Semarang, Taufik Hidayat, SKM, M.Kes. Pembukaan pelatihan ini dihadiri Komandan Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro di Magelang, Kapt Inf Sumitra, para mentor peserta pelatihan, pejabat struktural dan widyaiswara Bapelkes Semarang.

Ketua Panitia, Sulkan, S.Kp,Ns melaporkan, “Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 9 April hingga 6 September 2018. Peserta berjumlah 34 orang.” Peserta merupakan dosen dan tenaga medis yang berasal dari Poltekkes Kemenkes Semarang, Poltekkes Kemenkes Surakarta, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga, RSJ dr. Rajiman Wediodiningrat Malang, RSUP dr. Kariadi Semarang, RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta dan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Pelatihan dasar CPNS Golongan III diselenggarakan untuk membentuk PNS  profesional yang berkarakter yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar profesi PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

Pelaksanaan Latsar Golongan III selama 113 Hari Kerja atau 1141 Jam Pelatihan (JP), dengan rincian 33 hari kerja atau setara dengan 288 JP untuk pembelajaran klasikal, dan 80 hari kerja atau setara dengan 853 JP untuk pembelajaran non klasikal atau aktualisasi di tempat kerja. Kegiatan pembukaan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama, dilanjutkan dengan pembacaan janji peserta Diklat oleh perwakilan peserta. Pembacaan janji yang diikuti peserta lainnya, untuk setia pada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. (ar/rh)

Reply