SOSIALISASI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN WBK DAN WBBM DI BAPELKES SEMARANG

Bapelkes Semarang mengadakan kegiatan Sosialisasi dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada hari Jumat (10/8). Sosialisasi ini bertempat di ruang Jatayu Kantor 1, Jalan Pahlawan No.1 Semarang. Latar belakang diadakan kegiatan ini karena pada tahun 2018, Bapelkes Semarang kembali diusulkan sebagai satker WBK oleh PPSDM. Proses persiapan telah dilakukan sejak tahun 2017 melalui dua kali penyelenggaraan workshop, meliputi workshop SPIP dan Workshop WBK. Di tahun yang sama, Bapelkes Semarang telah mencanangkan Zona Integritas.
Pada awal tahun 2018, tahap persiapan menuju WBK ini dilakukan lebih serius. Tim WBK melalui 6 Kelompok Kerja (Pokja) bekerja menyiapkan dokumen dan kelengkapannya sampai bulan April 2018, dan telah dilakukan pre assessment. Meski demikian, hasil pra penilaian belum memenuhi harapan. Padatnya jadwal kegiatan yang menjadi tupoksi Bapelkes Semarang menyebabkan proses penyiapan WBK berjalan belum optimal.
Dengan kondisi tersebut, pada Bulan Agustus ini dilakukan refreshment kegiatan WBK oleh instansi yang telah berhasil mendapatkan predikat WBK pada tahun 2017. Bapelkes Semarang menghadirkan 2 narasumber dari BBPK Jakarta, Drs. Zaenal Komar, Apt, MA dan Drs. Wayan Rai Suarthana, MM untuk berbagi pengalaman. Diharapkan dengan adanya sharing pengalaman dengan kedua narasumber ini dapat menyegarkan kembali wawasan pegawai tentang WBK, memberikan gambaran teknis penyiapan komponen-komponen pengungkit dalam WBK dan menguatkan kembali komitmen dalam menciptakan Bapelkes Semarang sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).
Peserta sosialisasi berjumlah 41 orang yang terdiri dari pejabat struktural dan staf Bapelkes Semarang beserta tamu undangan. Undangan yang hadir merupakan perwakilan dari BBPK Jakarta, Bapelkes Batam, Bapelkes Cikarang, KKP Semarang, RSUP Dr. Kariadi Semarang dan Poltekkes Semarang. (ar/rh)

Reply