STUDI BANDING UPT LATKES PROVINSI SULSEL KE BAPELKES SEMARANG

Sebanyak 11 orang dari UPT Pelatihan Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (UPT Latkes Provinsi Sulsel) melaksanakan studi banding ke Bapelkes Semarang pada Jum’at (24/8). Rombongan terdiri dari Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Pemerintah Provinsi Sulsel, Kepala, pejabat struktural beserta perwakilan staf UPT Latkes Provinsi Sulsel. Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM dan Kepala Seksi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan, Sulkan, S.Kp, Ns beserta staf menerima kunjungan di Ruang Cendrawasih, Kantor 1 Bapelkes Semarang.

Kegiatan studi banding ini dalam rangka berkonsultasi mengenai program kegiatan UPT Latkes Provinsi Sulsel. Syamsul Rizal Syam, selaku Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Pemerintah Provinsi Sulsel, mengungkapkan bahwa sebelumnya UPT ini merupakan Akademi Perawat Anging Mammiri. UPT Latkes Provinsi Sulsel terbentuk sesuai dengan Pergub Provinsi Sulsel Nomor: 81 Tahun 2018 tanggal 12 Februari 2018, merupakan instansi .pemerintah yang beroperasi untuk kegiatan, kepentingan dan pelayanan masyarakat dalam kota atau luar kota sebagai sarana pelatihan kesehatan, pendidikan dan umum.

Kepala UPT Latkes Provinsi Sulsel, drg. Rosmiati Mantang, M.Kes, berharap dapat menerima masukan dari Bapelkes Semarang terkait dengan proses akreditasi institusi, akreditasi pelatihan, kurikulum modul, sarana prasarana, Training Need Assessment (TNA) serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus dimiliki untuk menjadi institusi pelatihan yang terakreditasi. Selanjutnya, sesi diskusi dan tanya jawab dari kedua belah pihak disertai penjelasan oleh Kepala Bapelkes Semarang. “Saran saya, Pertama, merekrut widyaiswara. Ke-dua, melengkapi sarana dan prasarana. Ke-tiga, melaksanakan akreditasi institusi pelatihan atau dengan pengampuan. Pengampuan bisa dilakukan dengan Bapelkes Semarang dan BBPK Makassar, “jelas Emmilya Rosa, SKM, MKM. Selanjutnya acara ditutup dengan foto bersama. (ar/rh)

Reply